Sabtu, 02 Mei 2009

Blogwalking sarana promosi online gratis

 

Blogwalking menurut saya (terjemahan bebas bagi newbie seperti saya) adalah jalan-jalan ke blog lain. Dalam arti kasar berkunjung/ nyambangi bloger-bloger lain. Sama halnya seperti kita berkunjung kerumah orang lain. Dan tentunya ada tata kramanya juga.

Dengan berkunjung ke blog lain, ada harapan blog kita juga dikunjungi oleh pembaca blog paling tidak oleh si empunya blog/ web. Berkunjung disini, tidak hanya Cuma melihat-lihat isi blog tetapi meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi. Paling tidak menulis komentar di tulisan blog tersebut ataupun ngasih komentar di chatbox. Shoutmix. Silahkan pilih salah satu atau dua-duanya pun boleh. Dengan banyaknya kunjungan balik ke blog kita, berarti bisa meningkatkan traffic blog, yang berarti juga meningkatkan alexa rank blog kita.

Untuk berkomentar di blog orang lain sebisanya untuk berkomentar tidak diluar topik bahasan, dan sebisanya memberikan pencerahan atas tulisan tersebut. Ini yang saya katakan sebagai tata krama mengunjungi blog.

Dengan banyaknya kita berkunjung ke blog lain, dengan sendirinya akan menambah pengetahuan dan wawasan kita dan menambah banyak teman.

Yang lebih menarik lagi, blogwalking bisa dijadikan sarana untuk promosi gratis. Semakin banyak kita berkunjung ke blog lain, maka akan semakin banyak pula yang akan melihat blog kita. Jika memang blog kita ditujukan untuk promosi online.

Kalau menurut saya blogwalking merupakan alternatif kedua setelah kita mengiklankan di iklan baris. Iklan baris gratis, sifatnya temporer karena dalam hitungan menit saja iklan kita akan tergeser posisinya oleh iklan yang lebih baru. Sementara blogwalking, promosinya akan bisa bertahan lama. Karena di blog tidak semua orang suka untuk menulis komentar akan membuat promosi kita akan bisa bertahan lebih lama. Supaya orang mau melirik blog/ web kita, isi komentar dalam tulisan itu harus bisa menggelitik si pembaca blog dan jangan sampai keluar dari topik bahasan, supaya pembaca link balik ke blog kita. Kalau keluar dari topik bahasan bisa-bisa komentar kita dihapus oleh pemilik blog. Kan kasihan jadinya

Tidak ada komentar: