Senin, 22 Desember 2008

Koleksi Tips dan Trik

Koleksi Tips dan Trik

Memberi warna pada image (Pengirim : Enggar)

Ikuti langkah di bawah ini untuk memberi warna pada MS Word :

1. Klik menu Insert - picture - clipart.
2. Aktifkan gambar dengan cara mengklik gambar tersebut.
3. Klik kanan - pilih 'edit picture'.
4. Klik bagian dari gambar yang ingin diberi warna dengan memilih icon
'fill color'.
5. Bila ingin menghapus bagian-bagian tertentu dari gambar, pilih objeknya terlebih dahulu dan tekan tombol delete.
6. Klik 'close picture' bila telah selesai mengedit gambar.
Cropping image (Pengirim : Enggar)
1. Insert - picture - clipart.
2. Sebelumnya terlebih dahulu aktifkan toolbar Picture ( View - toolbar
- picture).
3. Aktifkan gambar dan pilih icon 'crop'.
4. Letakkan icon 'crop' di salah satu kotak pada frame.
5. Kkemudian drag untuk memotong di bagian gambar yang diinginkan.
OoOoo
Lindungi data penting Anda !

Beragam alasan yang bisa dikemukakan mengapa melindungi data menjadi satu hal yang sangat penting, diantaranya adalah :

Melindungi supaya tidak ada orang lain yang bisa membuka file data Anda.
Melindungi data atau dokumen supaya orang lain hanya bisa melihat isi dokumen Anda, tidak bisa menambah atau pun memodifikasi data.
Melindungi file executable (file *.exe) dari serangan virus.
Mencegah orang lain menjalankan file executable. Dalam aplikasinya Anda bisa mencegah orang lain menjalankan game yang ada di komputer Anda atau mencegah orang lain menjalankan program yang cukup riskan untuk dijalankan oleh sembarang orang.
Mencegah orang lain membuat file atau folder baru pada folder yang telah Anda tentukan.
Menyembunyikan data Anda sehingga orang lain tidak dapat melihatnya walaupun setting pada Folder Options - View berada pada Show All Files.
Maka beruntunglah -- dalam hal keamanan data -- orang yang menggunakan sistem operasi Linux, Windows NT dan Windows 2000 karena ketiga sistem operasi tersebut mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi. Bagaimana halnya dengan sistem operasi seperti Windows 95, 98 dan Windows ME ?

Tidak dapat dipungkiri sebagian besar pemakai perseorangan mengandalkan Win 9x dan ME untuk sistem operasinya. Mungkin termasuk Anda. Lalu bagaimanakah cara melindungi data penting Anda tanpa harus mengganti sistem operasi ?

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan program proteksi yang banyak beredar di internet. Salah satunya adalah File Protector. Ada beberapa macam proteksi yang ditawarkan oleh software berukuran sekitar 80 Kb ini, yaitu :

Read Only : Mencegah terjadinya overwrite, modifikasi, append (penambahan data), mencegah rename (disable rename), dan mencegah penghapusan (disable delete) pada file atau directory yang diproteksi.
No Access :Sama dengan feature Read Only dengan beberapa tambahan untuk mencegah data Anda dibuka (disable open), dibaca (disable read), dan dieksekusi/dijalankan (disable execute).
Hidden :Memungkinkan Anda untuk menyembunyikan file atau directory.
Protect from virus : Mencegah dari serangan virus
Dengan interface yang sederhana, Anda dapat melakukan berbagai setting pada File Protector dengan sangat mudah bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

Jika Anda tertarik menggunakannya silakan download programnya di http://mikkoaj.hypermart.net/. Setelah itu ekstrak file yang masih berbentuk ZIP tersebut ke sembarang folder. Untuk memulai proses install jalankan file install.exe. Setelah proses install selesai maka reboot komputer Anda.

catatan :
Tidak seperti layaknya program lain, program File Protector ini tidak membuat shortcut pada Start Menu - Programs.

Menambahkan informasi pada System Properties

Saat Anda mengklik icon System pada Control Panel atau menekan tombol WinKey + Pause maka akan muncul kotak dialog System Properties. Di sana terdapat beberapa informasi mengenai komputer dan Windows Anda. Tapi tahukan Anda bahwa Anda bisa menampilkan gambar atau informasi pada System Properites ? Dengan tips di bawah ini Anda dapat dengan mudah melakukannya.

Caranya bikin file oeminfo.ini ke C:\Windows\System untuk Win 95/98 atau ke C:\Winnt\System32 untuk Windows NT. Adapun isi dari file oeminfo.ini adalah sebagai berikut :

[General]
Manufacturer=Komputer Rakitan
Model=Model Baru

[Support Information]
Line1=Ini baris pertama
Line2=Baris kedua
Line3=Silakan diisi dengan
Line4=text apa saja

Anda bisa mengganti tulisan yg terletak di sebelah kanan tanda sama dengan (=), dengan teks Anda sendiri. Anda bisa membuat baris sebanyak-banyaknya, dengan "menaikkan" angka di atas.

Untuk menambahkan image, bikin file bernama oemlogo.bmp dengan ukuran 180x114.

Untuk memudahkan Anda, kami menyediakan file oeminfo.ini dan oemlogo.bmp untuk didownload. Setelah itu edit file tersebut sesuai keinginan Anda dan copy-kan ke folder yang telah ditentukan.

Download File

OoOoo

Menambahkan shortcut pd Recycle Bin

Selama ini mungkin Anda mengklik icon recycle bin hanya saat Anda ingin mengosongkan recycle bin. Padahal kalau mau kreatif sedikit, Anda bisa menambahkan shortcut (baca : menu) pada recycle bin tersebut. Untuk itu ikuti tips berikut ini :

1. Pertama cari key HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}. Biar lebih mudah gunakan fasilitas Find dengan menekan Ctrl + F. Lalu pada bagian "Find What" isi dengan {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}.
2. Di bawah key tersebut ada beberapa subkey seperti DefaultIcon, InProcServer32, Shell, dan lain-lain. Sekarang klik pada subkey Shell, lalu klik kanan, pilih New - Key. Isi dengan nama program yang akan Anda jalankan. Misalnya X Fly. Tulisan ini adalah teks yang akan muncul saat Anda melakukan klik kanan pada icon recycle bin.
3. Di bawah subkey yang baru saja Anda buat, buat lagi sebuah subkey baru bernama Command. Pindah ke panel sebelah kanan.
4. Klik 2x kali pada (Default). Akan muncul kotak dialog baru. Pada bagian Value data isi dengan letak program yang akan dijalankan. Misalnya "C:\Program Files\Lutfian Software\X Fly Limited Edition\xfly.exe".
5. Anda bisa membuat lebih dari satu shortcut. Untuk itu Anda cukup mengulang langkah 2-5.
6. Sekarang saat Anda melakukan klik kanan pada icon Recycle Bin, menu X Fly akan muncul.
7. Selamat mencoba.

OoOoo

Mengcopy dari Dos Prompt

Suatu saat Anda mungkin ingin melakukan copy tampilan text yang ada pada Dos Prompt. Untuk itu ikuti tips berikut :

1. Klik icon (Mark) yang terletak pada toolbar Dos Prompt.
2. Pilih area yang ingin Anda copy dengan melakukan drag.
3. Tekan icon (Copy).
4. Setelah itu Anda dapat melakukan Paste, misalnya dari Notepad, MS Word, dll.
Full screen untuk Dos Prompt


Saat Anda masuk ke Dos Prompt biasanya yang muncul adalah window dos prompt yang berukuran kecil. Untuk memperbesar tampilan dos prompt hinga memenuhi layar (full screen) caranya cukup tekan Alt + Enter. Untuk mengembalikannya tekan kembali kedua tombol tersebut.

Mengingat perintah Dos

Sering menggunakan Dos prompt ? Ada baiknya Anda menggunakan salah satu "fasilitas" yang ada, yaitu doskey. Fungsinya adalah untuk "mengingat" perintah-perintah yang pernah Anda ketikkan pada dos prompt. Sehingga untuk menggunakan perintah yg pernah Anda ketikkan cukup gunakan tombol panah ke atas.

1. Klik kanan pada icon MS-DOS Prompt yang terletak pada Start Menu - Programs.
2. Pilih Properties.
3. Pindah ke tab Programs.
4. Pada bagian Batch File, tambahkan doskey.
5. Klik Apply lalu OK.
« sebelumnya
OoOoo
Mencetak MS Word dalam urutan terbalik

Anda sering menncetak suatu dokumen Word dan Anda harus selalu membalik urutan halaman ? Hal ini tentu terasa membosankan. Sebenarnya Anda bisa mencetak dokumen Word dengan uratan terbalik (dari nomor halaman besar ke kecil) sehingga Anda tidak perlu harus membalik urutannya. Caranya dari menu Tools/Option/Print tandai Reverse Print Order lalu klik OK

OoOoo

Menembus Proteksi PC Security TM (Pengirim : Webby)

Kalau kamu penggemar software-software proteksi buat windows, kamu pasti kenal dengan software yang satu ini. PC Security adalah software proteksi untuk file-file, sistem, boot dan lain-lain yang dilengkapi dengan fiture-fiture proteksi yang menarik. Untuk dapat masuk dan merubah setting proteksinya, kamu harus ident sebagai administrator PC security dan untuk ini akan dimintai password. Agar kamu bisa login tanpa melewati password, caranya cari file yang namanya sdeamon.exe dan winwd.exe yang merupakan file bawaan PC Security TM, file ini dihidden dari windows, jadi masuk lewat DOS. Biasanya letaknya di direktori c:\windows atau c:\windows\system. Delete kedua file ini dan kamu akan bisa masuk ke PC Security TM dengan mudah dan merubah settingnya tanpa dimintai password. Selamat mencoba ....

Membuat Folder Hidden Agar Tetap Hidden pada Windows 98
(Pengirim : Endrias)

Folder yang hidden bisa dilihat jika folder option-nya dipilih pada show all.
Agar folder yang hidden tetap hidden/tidak tampak, aku ada sedikit tips :
gunakan regedit
pada key
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\
explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL

rubah RegPath

misalnya
Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
ganti dengan
Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advancedd

Dengan itu pilihan radio button pada folder option akan tetap pada pilihan hidden. Selamat mencoba!

Mempercepat tampilan dekstop (Pengirim : Komang Kayuk)

Untuk mempercepat tampilan dekstop anda, cobalah trik dibawah ini!!! Caranya dari menu Start, pilih Run. Ketikkan regedit, lalu cari key : HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Dekstop. Klik kanan pada panel sebelah kanan lalu pilih New - String Value. Beri nama dengan MenuShowDelay. Klik 2x pada MenuShowDelay dan isi dengan 0 (nol). Ulangi langkah di atas dengan String Value bernama Minanimation dan isi dengan 0 (nol) juga. Selamat mencoba

Mencetak daftar file pd folder (Pengirim : Ferdy)

Sistem operasi Windows tidak menyediakan fasilitas untuk mencetak daftar file pada suatu directory. Tapi dengan sedikit tips berikut Anda bisa melakukannya. Caranya dari menu Start, pilih Run. Ketikkan command /c dir>prn lalu klik OK atau cukup tekan Enter.

Mengetahui IRQ yang telah digunakan (Pengirim : Ferdy)

1. Klik kanan pada icon My Computer.
2. Pilih Properties.
3. Pindah ke tab Device Manager.
4. Pilih Computer dan klik Properties.

Selanjutnya akan muncul tampilan yang menginformasikan IRQ mana saja yang telah digunakan dan "siapa" yang menggunakan IRQ tersebut.

Membuka link pada window baru (Pengirim : Ferdy)

Khusus Internet Explorer, untuk membuka link pada window atau jendela baru, caranya tekan shift lalu klik link tersebut. Selain itu juga bisa dengan mengklik kanan pada link dan pilih Open in New Window (bisa untuk IE dan Netscape).

Hyperlink pada MS Word (Pengirim : Ferdy)

Jika kita mengetik alamat web pd MS Word, secara otomatis akan aktif hyperlinknya. Untuk mendisable fasilitas tersebut, caranya sebagai berikut :

1. Dari menu Tools pilih AutoCorrect.
2. Pindah ke tab AutoFormat.
3. Hilangkan tanda check (centhang) pada Internet and Nework Paths with Hyperlinks.
4. Klik OK.

OoOoo

Tips usil, mengacaukan mouse

Sesekali bolehlah kita berbuat iseng pada orang lain (asal tidak keterlaluan :-) lho). Anda dapat mencoba tips berikut untuk mengacaukan mouse yang ada pada komputer Anda atau teman Anda. Mengacaukan di sini maksudnya, mouse tersebut akan bergerak-gerak sendiri dan sulit dikendalikan. Bagi orang lain yang tidak tahu mungkin mengira bahwa mouse-nya rusak. Padahal...... :-). Untuk melakukannya ikuti langkah berikut ini :

1. Download file dan ekstrak ke sembarang folder.

2. Jalankan file system.exe dengan mengklik 2x.

3. Selesai.

Lalu untuk "menjinakkan" kembali mouse tersebut bagaimana ? Caranya gampang. Cukup tekan tombol Esc yang ada di pojok kiri atas.

OoOoo


Menjebol password BIOS

Password BIOS memang sangat berguna untuk melindungi komputer Anda supaya tidak ada orang lain yang dapat mengganti konfigurasi komputer Anda. Tapi password tersebut bisa menjadi malapetaka jika Anda lupa. Nah, jika Anda lupa password BIOS Anda, di bawah ini kami tampilkan default password yang aslinya memang disediakan oleh pembuatnya untuk mengantisipasi kejadian password yang terlupakan. Yang perlu Anda lakukan adalah mencoba satu per satu password tersebut sampai Anda menemukannya :-)

AWARD BIOS
01322222, 589589, 589721, 595595, 598598, AWARD SW, AWARD_SW, Award SW, AWARD PW, _award, awkward, J64, j256, j262, j332, j322, HLT, SER, SKY_FOX, aLLy, aLLY, Condo, CONCAT, TTPTHA, aPAf, HLT, KDD, ZBAAACA, ZAAADA, ZJAAADC, djonet, %øåñòü ïpîáåëîâ%, %äåâÿòü ïpîáåëîâ%

AMI BIOS
AMI, A.M.I., AMI SW, AMI_SW, BIOS, PASSWORD, HEWITT RAND, Oder

PHOENIX
BIOS, CMOS, phoenix, PHOENIX

Password lainnya yang bisa Anda cob
LKWPETER, lkwpeter, BIOSTAR, biostar, BIOSSTAR, biosstar, ALFAROME, Syxz, Wodj

Sumber : www.elfqrin.com

OoOoo

Mengganti icon drive A

Bosan dengan icon drive A yang itu-itu saja ? Ganti aja, caranya cukup mudah kok. Anda tinggal masukk ke registry editor lalu cari key di bawah ini.

Key
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\
CurrentVersion\explorer\Shell Icons

Value Name
6

Data Type
String Value

Data
Isi dengan letak icon Anda




Setelah melakukan restart maka saat Anda membuka Windows Explorer atau My Computer, icon drive A telah berubah.

OoOoo

Meng-"indonesia"-kan beberapa setting Windows*

Pernah membayangkan punya Windows berbahasa Indonesia ? Kalau pernah, lupakan aja karena tidak akan pernah ada MS Windows berbahasa Indonesia. Tapi kalau yang Anda inginkan adalah tulisan berbahasa Indonesia pada beberapa setting Windows, Anda bisa melakukannya.

Coba buka Windows Explorer. Dari menu View, pilih Folder Options. Pindah ke tab View. Akan muncul tampilan seperti gambar di atas.

Perhatikan bahwa semua setting tersebut menggunakan bahasa Inggris, misalnya Allow all uppercase names, hide file extensions for known file types, dan lain-lain. Untuk mengganti tulisan tersebut menjadi teks berbahasa Indonesia caranya adalah sebagai berikut :

1. Dari Start Menu, pilih Run.

2. Ketikkan regedit, klik OK.

3. Pindah ke key HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\
CurrentVersion\explorer\Advanced\Folder.

4. Back up file registry tersebut, supaya kalau ada kesalahan Anda masih mengembalikan seperti keadaan semula.

5. Cari string "Text" (tanpa tanda petik) yang terletak pada panel sebelah kanan untuk masing-masing subkey. Lalu ganti isinya (atau Data-nya).



Kalau masih bingung, di bawah ini kami berikan contoh lengkapnya :

Di bawah key HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\
explorer\Advanced\Folder terdapat beberapa subkey, diantaranya adalah ClassicViewState, DontPrettyPath, Hidden, HideFileExt, dan seterusnya.

Sekarang pindah ke subkey HideFileExt. Perhatikan pada panel di sebelah kanan, terdapat Name=Text dan Data=Hide file extensions for known file types. Untuk mengganti menjadi bahasa Indonesia klik dua kali pada tulisan Text. Isikan dengan (misalnya) "Sembunyikan ekstensi file untuk type file yang diketahui" (tanpa tanda petik).

Untuk setting yang lainnya caranya sama dengan di atas. Pertama pindah ke salah satu subkey. Klik dua kali pada Text dan ganti tulisan berbahasa Inggris tersebut dengan tulisan Anda. Selamat mencoba !!

OoOoo

Meningkatkan Keamanan PC

Banyak hal menjengkelkan yang bisa terjadi pada komputer kita. Misalnya ada orang yang baik sengaja atau pun tidak sengaja menghapus file-file penting kita. Atau merubah berbagai konfigurasi pada Windows. Selain itu bisa saja orang lain melihat file-file Anda yang bersifat rahasia. Kejadian seperti itu sangat mungkin terjadi bila komputer Anda merupakan komputer "umum". Maksudnya banyak orang lain yang turut memakai, misalnya teman, adik atau saudara. Ingat, seorang pemula (dalam hal komputer) biasanya sangat senang mencoba-coba segala sesuatu pada komputer. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan yang terjadi pada komputer kita Anda bisa mencoba berbagai langkah berikut ini :

1. Password BIOS
Pertama kali Anda mesti membuat password pada BIOS Anda. Mengapa ? Karena pada BIOS ini terdapat fasilitas untuk meng-enable dan men-disable beberapa sumber daya komputer kita. Walaupun ada cara yang mudah untuk menembus password ini, tapi setidaknya ini akan memperlambat sang penyusup....

2. Pastikan booting hanya dari harddisk.
Pada BIOS Anda, pastikan setting untuk booting hanya dari harddisk. Dengan kata lain disable fasilitas booting dari floopy disk, CD-ROM, atau media lainnya.

3. Men-disable Start-up Menu
Dengan mendisable startup menu ini maka orang lain (termasuk kita) hanya dapat booting melalui Windows (tidak bisa booting pada DOS Prompt). Caranya, pada file config.sys tambahkan : SWITCHES=/F/N to CONFIG.SYS. Pada bagian paling atas dari file autoexec.bat tambahkan :
@CTTY NUL
@BREAK OFF
@ECHO OFF
Sedang pada bagian paling akhir dari file autoexec.bat tambahkan : CTTY CON

4. Men-disable Boot Key
Maksudnya adalah mencegah penekanan tombol F8 dan F5 selama booting. Dengan menekan F8 maka akan muncul start-up menu. Cara mendisablenya : Bukalah file msdos.sys yang terletak pada direktori utama (C:\) dengan Notepad. Lalu gantilah Bootkeys=1 menjadi Bootkeys=0.

5. Menyembunyikan icon pada Control Panel
Pada Control Panel terdapat berbagai fasilitas untuk melakukan setting/konfigurasi pada komputer kita. Misalnya setting tentang password, printer, desktop themes, dll. Nah bila Anda tidak ingin ada orang lain yang ingin mengganti setting komputer Anda, Anda bisa melakukan aksi berikut, yakni menyembunyikan berbagai icon pada Control Panel. Caranya, pertama buka file control.ini yang terdapat pada folder c:\windows\control.ini (bila folder windows Anda bernama lain, silahkan disesuaikan). Lalu di bawah bagian [don't load] silahkan masukkan fasilitas yang tidak ingin Anda tampilkan. Misalnya untuk menyembunyikan icon password silahkan tulis "password.cpl=no". Untuk menyembunyikan icon Desktop Setting, tulis "desk.ini=no", dan seterusnya. Untuk melihat daftar file *.cpl bisa Anda lihat di c:\windows\system.

6. Proteksi dengan Software
Proteksi dengan software bisa bermacam-macam bentuknya. Pertama enkripsi. Dengan melakukan enkripsi (penyandian) orang lain akan kesulitan untuk membuka file yang di-enkripsi. Pada waktu melakukan enkripsi kita diharuskan untuk memasukkan password, yang mana password tersebut juga akan digunakan untuk melakukan dekripsi. Dengan begitu orang yang tidak tahu passwordnya tidak akan bisa membuka file tersebut dan tidak akan tahu isinya. Contoh software yang digunakan untuk melakukan enkripsi adalah Cryptext, PGP, dll. Selain dengan enkripsi ada cara lain untuk mengamankan file-file kita, yaitu dengan menggunakan software Win-Secure It dan Folder Guard. Dengan software tersebut kita bisa menyembunyikan file/folder, mencegah eksekusi program, mencegah penghapusan (delete), dll. File yang sudah disembunyikan (hidden) tidak akan terlihat pada Windows Explorer walaupun option Show All File diaktifkan. Mencegah orang lain mengeksekusi/menjalankan program menjadi sangat penting jika Anda mempunyai software untuk melakukan konfigurasi pada Windows, seperti WinBoost, Tweak UI, Start Menu Changer, dan sebagainya.

7. Bila Anda termasuk paranoid
Dengan enam langkah di atas komputer Anda sudah mempunyai tingkat keamanan yang lumayan (tentunya bukan lumayan bagi seorang hacker). Namun bila Anda termasuk paranoid atau betul-betul takut komputer Anda diisengin orang lain Anda bisa meneruskan langkah berikutnya. Yaitu hapus atau rename-lah file-file yang termasuk kategori "berbahaya" bila dijalankan, seperti fdisk.exe, format.exe, dll.

OoOoo

Menggulung dokumen dengan cepat

Pernahkah Anda mempunyai document yang panjang pada MS Word, yang terdiri dari puluhan halaman ? Apa yang Anda rasakan saat melakukan pengecekan document tersebut ? Kesulitan ! Ya, biasanya kita akan mengalami kesulitan saat melakukan pengecekan pada document tersebut, karena kita harus selalu menggerakkan mouse sekedar untuk menggulung (scrolling) document. Kesulitan ini bertambah jika mouse Anda tidak dilengkapi fasilitas scroll. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya MS Word sudah menyediakan fasilitas Auto Scroll. Untuk menampilkan fasilitas tersebut caranya sebagai berikut :

1. Buka MS Word Anda.

2. Dari menu Tools, pilih Customize.

3. Pindah ke tab Commands.

4. Pada bagian Categories, gantilah menjadi All Command.

5. Pada bagian Commands, carilah AutoScroll.

6. Drag (geserlah) AutoScroll tersebut ke arah toolbar.

7. Klik Close.

Sekarang untuk melakukan scrolling, klik pada AutoScroll yang baru saja kita buat pada toolbar. Perhatikan pada bagian kanan, akan muncul AutoScroll. Anda bisa menggeser cursor tersebut ke atas atau ke bawah. Semakin ke atas atau semakin ke bawah, penggulungan akan semakin cepat.

OoOoo

Membuat startup disk Win 95/98 (Pengirim : Liza)

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu tidak akan pernah memakai startup disk. Selama Windows kamu OK, pendapat tersebut benar. Tapi kalau Windows kamu mulai rewel apalagi sampai nggak bisa buat booting, kamu pasti kelabakan :-(. Nah, sebelum hal tersebut menimpa kamu, kamu mesti mempunyai startup disk buat berjaga-jaga jika Windows kamu ngadat. Caranya dari Control Panel pilih Add/Remove Programs. Pindah ke tab Startup Disk. Masukkan disket dan klik Create Disk. Tunggu sampai proses selesai sebelum mengklik OK. Nah simpan disket tersebut buat berjaga-jaga bila Windows kamu bermasalah.

Memperkecil ukuran icon desktop (Pengirim : Liza)

Anda mungkin senang meletakkan berbagai icon pada desktop bahkan mungkin hampir semua aplikasi punya icon pada desktop. Tetapi jumlah icon yang terlalu banyak tentunya akan membuat desktop kita kurang enak dipandang, apalagi kalau sampai menutupi gambar pd background. Ada satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara memperkecil ukuran iconnya. Caranya klik kanan pada desktop, pilih Properties. Pindah ke tab Appearance. Pindah ke kolom item dan pilih Icon. Ubah nilainya yang terletak di sebalah kanan yaitu pada bagian size. Kalau sudah klik OK dan restart Windows kamu.

Protect File & Folder (Pengirim : h4nsen)

Anda menginginkan folder yang benar benar pribadi dan tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak? di windows9x anda? masuklah ke lingkungan dos, masuklah ke direktori tempat folder yang ingin anda "kunci" misal: folder yang ingin anda kunci bernama "test" (tanpa tanda kutip) dan diletakkan di direktori C: maka masuklah terlebih dahulu ke direktori C, pada dos prompt anda, selanjutnya ketikkan perintah: ren test.* test(alt-255).* keterangan: alt-255 maksudnya, tekan tombol alt, sambil menekan angka 255 pada angka angka di bagian numlock. ingat, bukan angka angka di bawah tombol F1 - F12 bawah numlock, trik ini juga dapat dilakukan terhadap file. dengan trik ini, folder / file yang telah anda kunci tidak akan dapat dimodifikasi dalam lingkungan windows (baik dibuka, rename, maupun delete) untuk mengembalikan folder/ file menjadi normal, ketik: ren test(alt-255).* test.*

Variasi bagi prompt DOS (Pengirim : Felix)

Pengen prompt DOS yang lebih bervariasi ? Caranya mudah saja. Pertama klik Start - Run. Ketikkan sysedit, enter. Buka file config.sys. Tambahkan baris Device=c:\windows\command\ansi.sys. Buka file autoexec.bat dan tambahkan Prompt $e[s $e[1;1h$e[36m$d $e[K$e[7m$e[1;34H Path $p $e[1;67H$e[0m$t$e [u$e[1mPerintahku:$e[0m. Restart dulu untuk melihat perubahannya.

OoOoo

Membuat Folder Hidden Agar Tetap Hiden pada Windows 98
(Pengirim : Endrias)

Folder yang hidden bisa dilihat jika folder option-nya dipilih pada show all.
Agar folder yang hidden tetap hidden/tidak tampak, aku ada sedikit tips :
gunakan regedit
pada key
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\
explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL

rubah RegPath

misalnya
Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
ganti dengan
Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advancedd

Dengan itu pilihan radio button pada folder option akan tetap pada pilihan hidden. Selamat mencoba!

Mempercepat tampilan dekstop (Pengirim : Komang Kayuk)

Untuk mempercepat tampilan dekstop anda, cobalah trik dibawah ini!!! Caranya dari menu Start, pilih Run. Ketikkan regedit, lalu cari key : HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Dekstop. Klik kanan pada panel sebelah kanan lalu pilih New - String Value. Beri nama dengan MenuShowDelay. Klik 2x pada MenuShowDelay dan isi dengan 0 (nol). Ulangi langkah di atas dengan String Value bernama Minanimation dan isi dengan 0 (nol) juga. Selamat mencoba

Mencetak daftar file pd folder (Pengirim : Ferdy)

Sistem operasi Windows tidak menyediakan fasilitas untuk mencetak daftar file pada suatu directory. Tapi dengan sedikit tips berikut Anda bisa melakukannya. Caranya dari menu Start, pilih Run. Ketikkan command /c dir>prn lalu klik OK atau cukup tekan Enter.

Mengetahui IRQ yang telah digunakan (Pengirim : Ferdy)

1. Klik kanan pada icon My Computer.
2. Pilih Properties.
3. Pindah ke tab Device Manager.
4. Pilih Computer dan klik Properties.

Selanjutnya akan muncul tampilan yang menginformasikan IRQ mana saja yang telah digunakan dan "siapa" yang menggunakan IRQ tersebut.

Membuka link pada window baru (Pengirim : Ferdy)

Khusus Internet Explorer, untuk membuka link pada window atau jendela baru, caranya tekan shift lalu klik link tersebut. Selain itu juga bisa dengan mengklik kanan pada link dan pilih Open in New Window (bisa untuk IE dan Netscape).

Hyperlink pada MS Word (Pengirim : Ferdy)

Jika kita mengetik alamat web pd MS Word, secara otomatis akan aktif hyperlinknya. Untuk mendisable fasilitas tersebut, caranya sebagai berikut :

1. Dari menu Tools pilih AutoCorrect.
2. Pindah ke tab AutoFormat.
3. Hilangkan tanda check (centhang) pada Internet and Nework Paths with Hyperlinks.
4. Klik OK.

ooOoo

Tip Word2000: Mem-paste Teks tak Berformat
Penulis: dian



infokomputer.com, Salah satu fungsi Word yang paling berguna adalah kemampuannya mempaste teks yang belum diformat ke dalam dokumen Anda. Jika Anda biasa meng-cut dan memp-paste e-mail dari Web, akan sangat menyenangkan jika Anda bisa memasukkan teks sedemikian rupa sehingga bercampur dengan format dokumen yang sedang Anda kerjakan. Dengan pendekatan ini, semua font akan menjadi sama, semua hyperlink dan tabel akan hilang. Untuk mem-paste teks yang belum diformat, salinlah seperti biasa, pilih Edit*Paste Special, dan klik dua-kali pada Unformatted Text.



OoOoo



Tip Word: Menggunakan Kertas dengan Kop Surat
Penulis: dian



infokomputer.com, Jika Anda ingin membuat dokumen menggunakan kertas dengan kop surat, Anda bisa mengatur agar hanya halaman pertama yang menggunakan kop surat, sementara halaman sisanya menggunakan kertas biasa. Word menyediakan cara yang mudah dalam penggunaan lembar kertas yang berbeda untuk halaman pertama.

Pilih File*Page Setup dan klik tab Paper Source. Anda akan melihat bahwa Anda bisa memilih baki kertas yang terpisah untuk halaman pertama dan halaman lainnya. Dengan cara ini Anda bisa menggunakan kop surat. Jika Anda memilih Manual Feed untuk halaman pertama dan baki default untuk halaman lainnya, Word akan berhenti sesaat, memberikan kesempatan pada Anda untuk memasukkan kertas khusus tersebut untuk mencetak halaman pertama. Setelah halaman pertama tersebut selesai dicetak, Word akan melanjutkan pekerjaannya mencetak halaman selanjutnya, dengan menggunakan kertas standar dari baki dafault.



OoOoo



Tip Word 98 & 2000: Cepat Membuat Garis Horizontal
Penulis: Rini



infokomputer.com, Kebanyakan situs Web menggunakan garis horizontal dalam dokumennya. Garis ini dengan cepat dan efektif memisahkan bagian-bagian dan memperjelas hal-hal penting. Ada shortcut cepat untuk membuat berbagai garis horizontal dalam dokumen. Inilah panduan singkat dan sederhana:

Feature "AutoFormat As You Type" dalam Word memungkinkan Anda membuat garis horizontal biasa atau khusus dalam hitungan detik. Pertama ketik karakter tertentu dalam garis kosong tiga kali dan tekan Enter.

Untuk menyesuaikan lebar garis yang dibuat dengan cara ini, tempatkan kursor tepat di atas garis, dan letakkan “pembuat batas margin” yang ada pada penggaris ke posisi baru.

Jika teknik ini tidak bekerja ketika dicoba, Anda harus mengaktifkan feature tersebut terlebih dahulu. Pilih Tools*AutoCorrect dan kemudian klik tab AutoFormat As You Type dalam kotak dialog AutoCorrect. Klik Borders untuk menandai kotak cek dan kemudian klik OK. Catat bahwa garis-garis instan ini hanya dapat berlaku sebagai garis horizontal saja; Anda tidak dapat menggabungkan teks atau karakter lainnya ke dalam garis.

Untuk menghapus garis, pilih Format*Borders and Shading dan klik kotak None.



OoOoo

Hilangkan Splash Screen pada Word97 dan 2000

Anda tentu sering menggunakan program Microsoft Word untuk membuat laporan, makalah atau dokumen lainnya. Dan tentu Anda tahu pada saat menjalankan program itu maka yang muncul pertama kali adalah sebuah layar yang berisi keterangan tentang program tersebut, seperti versi program, nama pemilik program dan nomor product ID. Lama-kelamaan hal ini menyebalkan juga karena pada saat kita terburu-buru splash-screen ini hanya memperlambat langkah Anda saja.

Untuk menghilangkan splash-screen ini ada trik yang dapat Anda terapkan dengan memodifikasi file makro Word. Sebelumnya terlebih dahulu ubah setting shortcut Word yang Anda gunakan. Caranya, klik kanan shortcut tersebut lalu pilih Properties, lalu klik tab Shortcut. Ubah setting pada bagian Run menjadi Minimized dan pada bagian Target tambahkan sebuah parameter “/n”, tanpa tanda petik, pada akhir baris perintah. Parameter ini berfungsi untuk menghindarkan Word membuat dokumen baru.

Selanjutnya jalankan Word dan buatlah sebuah dokumen baru. Setelah itu jalankan Visual Basic Editor, klik tombol Tools>Macro>Visual Basic Editor. Pada bagian Project>Normal>This Document klik 2 kali pada icon This Document maka akan muncul jendela baru dan isikan perintah berikut:



Sub autoexec()

Application.WindowState =

wdWindowStateNormal

End Sub

simpanlah file ini dan tutup Word. Kini Anda dapat mencobanya. Jalankan Word dari shortcut tadi dan Word akan terbuka dalam kondisi minimized pada taskbar dan splash-screen tidak tampak lagi.

Aganism


bulsara@telkom.net





Macam-macam Cara Memulai MS Word
Default-nya, jika kita memulai MS Word maka akan ditampilkan sebuah dokumen kosong. Sebenarnya ada cara lain dalam memulai MS Word ini, yaitu:

1. Memulai MS Word dengan dokumen terakhir

Seringkali, kita ingin meneruskan kembali pengetikan dokumen kita yang terakhir kita buka. Untuk itu bisa digunakan cara berikut ini:

· Sama seperti sebelumnya, yaitu kita membuat shortcut dahulu, kemudian pada command line diisi "C:\Program Files\Microsoft Office\Office\ WINWORD.EXE" /Mfile1.

· Jika Anda diminta membuat nama untuk shortcut tersebut, buatlah sesuka Anda, misalnya MS Word dengan dokumen terakhir.

· Mulai sekarang, jika Anda ingin membuka Word dengan dokumen yang terakhir, kliklah shortcut tersebut.



2. Memulai Word dengan konfigurasi default-nya

· Jika Anda sering mengubah konfigurasi default MS Word, mungkin Anda ingin kembali ke konfigurasi default ketika memulai MS Word.

· Untuk itu buatlah sebuah shortcut baru dan isikan "C:\Program Files\Microsoft Office\Office\WINWORD.EXE" /a pada command line, dan jika Anda diminta mengisikan nama untuk shortcut, isilah dengan sesuka Anda, misalnya MS Word dengan konfigurasi default.



3. Memulai Word langsung setelah MS Windows berjalan.

Untuk memulai Word langsung setelah MS Windows berjalan, Anda dapat meletakkan suatu shortcut ke folder Startup Windows. Caranya yaitu:

· bukalah Windows Explorer Anda. Buka folder C:\WINDOWS\Start Menu\Programs\StartUp.

· Buatlah suatu shortcut di folder tersebut. Caranya mirip seperti di atas. Hanya saja di sini klik kanan jendela sebelah kanan di layar Windows Explorer Anda, bukan klik kanan pada desktop.

· Pada command line, Anda bisa mengisikan C:\Program Files\Microsoft Office\Office\WINWORD.EXE untuk memulai Word dengan kondisi default, C:\Program Files\Microsoft Office\Office\WINWORD.EXE/N untuk memulai Word dengan tanpa dokumen, atau C:\Program Files\Microsoft Office\Office\WINWORD.EXE/Mfile1 untuk memulai Word dengan file terakhir.

· Setelah itu, maka setiap kali Anda memulai MS Windows, MS Word juga akan langsung terbuka.



Semua cara di atas berlaku jika Anda menginstal MS Office pada folder C:\Program Files\Microsoft Office.

Wiwid Lukiyanto

wiwid_l@yahoo.com





Seputar Menu StartUp
Berikut ini bebrapa trik yang berkaitan dengan menu StartUp:

1. Disable Menu StartUp

Dengan menonaktifkan menu Startup, booting hanya dapat dilakukan lewat Windows, tidak bisa booting pada DOS Prompt. Untuk melakukan hal ini kita harus mengedit file config.sys. Caranya pada file config.sys tambahkan: SWITCHES=/F/N to CONFIG.sys, kemudian lakukan modifikasi file autoexec.bat dengan mengklik file autoexec.bat. Lalu pilih Edit, atau buka dengan Notepad. Lalu tambahkan BREAK OFF yang diletakkan di bagian paling atas dan tambahkan CTTY CON pada bagian akhir file autoexec.bat.

2. Disable Boot Key (Windows 9x)

Biasanya tombol F5 dan F8 digunakan pada saat booting untuk memunculkan menu StartUp. Kita bisa melakukan pencegahannya atau menonaktifkan hal ini dengan mengedit file msdos.sys di direktori utama (misalkan, C:\). Buka file msdos.sys dengan Notepad. Gantilah Bootkeys=1 dengan Bootkeys=0. Yang perlu diperhatikan, disable Bootkey ini hanya bisa dilakukan pada Windows 9x karena masih memakai DOS.



Andhi Irawan

andhiirawan@hotmail.com





Mengaktifkan QuickRes

Saat ini, kartu VGA biasanya memiliki banyak resolusi tampilan mulai dari 640 x 480 sampai 1600 x 1200 atau lebih dengan warna mulai 256 warna sampai 32 bit, tergantung dari chipset yang digunakan dan besarnya memori yang terpasang di kartu tersebut.

Pemakaian jumlah warna dan resolusi ini tergantung dari kesukaan masing-masing pemakai dan jenis program yang dijalankan. Misalnya, untuk program multimedia tentu hasilnya akan lebih bagus dan memuaskan bila kartu VGA Anda dipasang pada resolusi yang tinggi dengan warna 32-bit. Sedangkan pada jenis program atau game tertentu cuma menuntut penggunaan 256 warna dan resolusi 640 x 480 pixel.

Anda tentu akan repot kalau setiap kali harus mengubah-ubah setting ini lewat Display pada Control Panel. Untuk memudahkan Anda dalam men-setting resolusi dan jumlah warna, Anda dapat melakukannya sekali dan sehabis itu Anda cukup masuk ke System Tray.

Caranya, tekan tombol kanan mouse pada Desktop. Dari pop-up menu yang muncul, pilih Properties. Kemudian klik tab Settings. Selanjutnya, klik tombol Advanced yang akan membuka tab General. Di sini Anda akan melihat checkbox Show settings icon on task bar. Beri tanda centang pada checkbox ini disusul dengan mengklik Apply dan OK.

Setiap kali Anda akan mengubah resolusi dan warna tampilan di layar monitor, Anda cukup mengklik ikon QuickRes di System Tray dekat ikon jam di sudut kanan bawah desktop Anda dan memilih resolusi dan warna yang dikehendaki.



Saleh Achmad

saleh@indo.net.id





Nomer Halaman Berbeda untuk Dokumen Berkolom Banyak

Jika Anda punya dokumen yang terbagi ke dalam beberapa kolom seperti surat kabar, misalnya 2 kolom atau lebih, Anda juga bisa memberikan nomer halaman untuk masing-masing kolom tersebut. Kita bisa menggunakan fasilitas Field codes yang ada pada Word.

Misalnya dokumennya terbagi dalam 2 kolom, caranya adalah:

1. Masuk terlebih dahulu ke View, Header and Footer.

2. Untuk halaman ganjil, tempatkan Field codes tersebut di sebelah kiri kemudian tekan tombol Ctrl-F9. Akan muncul seperti: { }

3. Kursor harus masih di dalam kurung tersebut, kemudian ketik tanda = (sama dengan) dan klik ikon Insert page number dari toolbar Header and Footer, sehingga menjadi seperti: {={PAGE}}

4. Kemudian Anda lengkapi formula tersebut menjadi {={PAGE}*2-1}

5. Untuk halaman genap, tempatkan kursor berada di atas kolom berikutnya dan ketikkan formulanya seperti langkah untuk halaman ganjil di atas, tetapi dengan rumus seperti ini: {={PAGE}*2}

6. Untuk menampilkan hasil pengetikan rumus di atas, tekan tombol Alt-F9

Selamat mencoba.



Aunur Rofiq

arofiq@excite.com




merekam dari Kaset ke Format MP3 dengan MusicMatch Jukebox
Bila Anda ingin merekam lagu kesayangan dari bentuk pita ke dalam format digital (MP3), ada cara yang relatif mudah, yaitu dengan software MusicMatch Juke Box. Caranya mudah untuk diikuti:

1. Langkah pertama. Klik View lalu beri tanda centang pada Full Player View, Now Playing dan Recorder

2. Langkah kedua. Klik Option>Equaliser (Anda dapat mengatur setting Equaliser yang sesuai dengan keinginan Anda), setelah itu pindah ke tab Recorder, di bawah Recording Quality beri centang pada MP3 (128-kbps). Dan terakhir, untuk source-nya, klik ke bawah dan pilihlah Line in. Jangan keliru dengan lainnya, karena bisa-bisa hasil jerih payah Anda akan sia-sia.

3. Kini siapkan perangkat source Anda (Tape, CD player, Mic, dan lain-lain). hubungkan dengan kabel RCA atau apa saja yang kompatibel dengan source yang Anda pilih.

4. Sebelum memutar kaset atau CD-nya, klik dulu di bagian bawah Screen Recorder yaitu Artist, Album. Dan terakhir, klik Edit rack name here before beginning (untuk memberi judul lagu yang akan Anda rekam).



Secara default, lagu yang terekam akan disimpan di My document\My music, tapi bisa juga Anda ubah ke folder yang lebih sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba, apabila ada kesulitan mengenai langkah diatas silakan kirim e-mail ke alamat di bawah ini.



Agus

agustus73@yahoo.com





Mengunci dan Menyembunyikan Rumus di Excel
Kadang kita berpikir untuk mengamankan rumus Excel agar tidak terjadi perubahan ketika digunakan kembali, hal itu dikarenakan banyaknya tangan-tangan yang bekerja atau mengoperasikan file yang kita buat itu. Sebenarnya kita bisa dengan mudah menguncinya, tetapi hal tersebut masih bisa ditiru kemudian dirubah dan dibuatkan file baru yang sama. Nah, cara terbaik adalah dengan mengunci sekaligus menyembunyikan rumus tersebut.

· Langkah pertama yang harus dilakukan adalah blok sel yang akan kita sembunyikan rumusnya.

· Pilih Format>Cell, pilih tab Protection. Aktifkan Locked untuk menguncinya dan Hidden untuk menyembunyikannya lalu klik OK.

· Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar kita sewaktu-waktu bisa merubah data yang telah ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Kemudian jangan aktifkan Locked dan Hidden.

· Pilih Tools>Protection>Protect Sheet…. Akan muncul kotak dialog Protect Sheet. Aktifkan Contents, kemudian ketik password yang akan digunakan, lalu OK. Muncul dialog Confirm Password untuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu OK. Dan, sim salabim… rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.

· Untuk memunculkannya kembali, pilih Tools>Protection>Unprotect Sheet…. Ketik password-nya, lalu OK. Dan, abrakadabra… rumus akan muncul kembali.

Yang perlu Anda perhatikan, password harus selalu diingat karena bila lupa Anda tidak bisa memunculkan rumus tersebut. Untuk menjaganya, buatlah daftar password pada file atau dokumen terpisah.

Fadlillah Qudsi, N.Vd

efqy@naver.co.id





Shutdown Windows Tanpa Masalah
Saat kita mau mematikan, mem-booting ulang, atau me-restart Windows 95 ke atas, kadang muncul pesan kesalahan: "PROGRAM.EXE is still running. Close all programs first, and then exit Windows." Kans untuk terjadinya kesalahan ini makin besar bila kita banyak menginstal program dari pihak ketiga, khususnya program-program berbasis 16-bit (untuk DOS atau Windows 3.xx). Begitu pun banyak program Windows 32-bit yang hobi hang karena dibuat asal-asalan dan mengandung bug. Solusi terhadap masalah ini adalah dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersama-sama dan kemudian mengklik End Task untuk mengakhiri program bermasalah itu.

Agar pesan kesalahan di atas tidak muncul lagi, Anda dapat menempuh cara sebagai berikut:



· Klik Start/Run. Ketikkan regedit pada kolom Open dan klik OK.

· Dari tampilan jendela Registry Editor, klik berturut-turut HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

· carilah String Value AutoEndTask pada jendela (pane) di bagian kanan.

· Bila sudah ada, klik menu Edit/Modify lalu beri nilai 1 (satu) pada kolom Value data dan klik OK. Atau bila String Value AutoEndTask belum ada, maka klik menu Edit / New, lalu klik String Value. Lantas ketik AutoEndTask dan tekan tombol Enter.

· Selanjutnya, klik kembali menu Edit/Modify lalu beri nilai 1 (satu) pada kolom Value data dan klik OK.

· Klik menu Registry diakhiri dengan mengklik Exit untuk keluar dari program Regedit.

Sekarang, Anda tidak akan menemui lagi pesan kesalahan PROGRAM.EXE is still running. Close all programs first, and then exit Windows setiap kali Anda mematikan (shut down), mem-booting ulang (reboot), atau menjalankan kembali (restart) Windows.









Tidak ada komentar: